UMKU Sambut Positif Rakornas Keuangan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah

Bali (3/07/22) Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah gelar Rakornas Keungan PTMA se Indonesia. Kegiatan yang dihelat di Prime Plaza Hotel Sanur Bali, Selasa-Kamis, 2-4 Juli 202 ini mengangkat tema “Kebijakan Pengelolaan Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia PTMA yang Unggul, Berdaya Saing, dan Berkemajuan”.

Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof Lincoln Msc. P.hD menegaskan pentignnya manajerial tata Kelola keuangan kampus. Keuangan menjadi central kehidupan kampus selain pengelolaan asset dan juga sumber daya manusia.

Menurutnya, “Pengelolaan aset dan keuangan perlu dilakukan secara efektif dan efisien. Pimpinan PTMA juga perlu mengembangkan sumber pemasukan lain melalui pengembangan dunia usaha sehingga tidak hanya bergantung kepada SPP mahasiswa,” ujarnya.  Prof Lincolin juga berharap Rakornas Keuangan dapat menghasilkan input dan masukan untuk mengembangkan PTMA agar dapat maju, bertahan, dan dapat membantu PTMA yang saat ini masih terus berprogres.

Turut hadir Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dalam sambutannnya menyampaikan Rakornas menjadi momentum yang baik bukan hanya untuk PTMA namun juga menjadi faktor pendukung kemajuan pariwisata Bali pasca pandemic covid 19.

“Saya tentu berharap agar PTMA bisa menghasilkan program yang baik dan juga sebagai ajang berbagi gagasan, peningkatan mutu PTMA,” paparnya.

Hadir sebagai sambutan terakhir, Prof Dadang Kahmad menegaskan pentingnya berkolaborasi antar PTMA. Di kesempatan yang sama beliau juga memberikan sambutan “Amanat PP Muhammadiyah tentang 7 poin penting dalam rakornas tersebut, yaitu, pertama pengembangan SDM, pentingnya pengembangan kompetensi akademik dan manajerial. Kedua, usaha pengelolaan dan pemutakhiran data serta kekuatan hukum untuk aset Muhammadiyah.  Ketiga, model pengembangan sistem informasi manajemen keuangan. Keempat, peningkatan efisiensi penggunaan dana. Kelima, peningkatan akuntabilitas audit. Keenam, penajaman alokasi dana sesuai visi misi Muhammadiyah. Terakhir, peningkatan pendanaan dari mahasiswa.

Ditemui pada kesempatan terpisah Rektor UMKU Dr. Rusnoto, SKM., M.Kes (Epid) yang juga hadir menyebutkan “Rakornas ini menjadi ajang sinergi antar PTMA, kolaborasi antar perguruan tinggi memberikan dampak luar biasa, energi positif ini harapannya memberikan kemajuan yang signifikan terutama pada PTMA yang sedang bertumbuh” ujarnya. Turut hadir mendampingi rektor; Ketua BPH UMKU Drs Sajad Abdi M.Pd, dan Warek II Rizka Himawan, S.Psi., M.Psi.

Kegiatan ini diikuti sekitar 300 peserta dari seluruh PTMA di Indonesia. Selain Unismuh Makassar, UM Jember dan ITBM Bali berperan sebagai tuan rumah. (AR Humas)

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UMKU