Creative Branding Jadikan Institusi Meroket Tajam

(1/7/2022) Masih berlangsung di Hotel Cavinton, pelatihan pengembangan humas perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah di hari kedua dapat menu spesial “Branding Institusi”. Sentuhan ice breaking dari panitia memantik semangat dan menambah keakraban dari peserta pelatihan. Hal itu kian menambah antusias dalam melahap materi. Semakin antusias dan tentu semakin penasaran.
Materi branding ini yang disampaikan Chairul Fajri sangat penting untuk pengembangan sebuah institusi. Menurutnya, meminjam istilah dari Jeff Bezos, branding merupakan A brand for company is like a reputation for a person, you earn reputation by trying to do hard things well. Secara leksikal, kata Brand merujuk pada istilah merk logo, identitas, dan suatu ciri khas.

Branding ialah strategi untuk mencapai merek tersebut. Ini menjadi sangat penting bukan hanya dalam dunia bisnis melainkan juga untuk institusi. Branding PTMA sama halnya sebagai bentuk komunikasi publik yang wajib dipercantik. Sebab, didalamnya terdapat ‘nama’ yang tidak lain merupakan ‘spirit’, Logo yang juga menjadi keunikan dan akan meninggalkan kesan tak terlupakan bagi konsumen. Tampilan visual dengan warna yang cerah dan elegan akan menambah pencitraan terhadap sebuah produk. Brand juga berfungsi membangun kepercayaan, membangun kredibilitas, mengembangkan koneksi, dan menunjukkan siapa diri Anda.

Anny Rosiana Masithoh selaku perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Kudus menyampaikan antusiasmenya terhadap resep-resep jitu membangun branding. “Makin dalam materinya, makin menarik untuk diserap sampai tuntas” ujarnya. “Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan branding di PTMA sehingga menjadi universitas yang menjadi pilihan masyarakat” imbuhnya. Ia menjadi salah satu dari para peserta yang mendapatkan hadiah buku dari pemateri. Buku tersebut sebagai penghargaan dalam membuat tugas yang diberikan sekaligus keaktifan selama proses pelatihan. (Humas/AR)

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UMKU